Monday, March 17, 2014

Peran Muslimah dalam Amal Jama'i

Bismillaahirrahmaanirrahiim..
Apa yang terlintas di benak ukhtifillah ketika kita berbicara tentang peran akhawat dalam amal jamai? 
Hmm, mungkin yang terpikir dibenak sahabat semua saat ini adalah menjadi korwat, sekretaris, bendahara atau seksi konsumsi? :) . 
Ya, hal-hal tersebut mungkin porsi yang sering kita isi dalam posisi fungsional dalam sebuah amal jama'i. Namun sejauh apakah sebenarnya peran tsb?

Kalau berbicara tentang posisi laki-laki dan perempuan dalam Islam tentu kita semua sudah tahu, bahwa Islam adalah agama yang sangat memuliakan wanita, dan tentu sudah banyak sekali buktinya. Salah satunya Allah secara istimewa menamai sebuah surat dalam Al-Quran dengan nama Annisaa. Begitupun Rasulullah mengumpamakan seorang wanita shalihah sebagai sebaik-baik perhiasan:


Abdullah bin Amr radhiallahu ‘anhuma meriwayatkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

الدُّنْيَا مَتاَعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ
“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan2 dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim no. 1467)

Lalu bagaimana dalam hal amalan shalih? 


"Barang siapa yang mengerjakan amalan saleh, baik lelaki maupun wanita dalam keadaan beriman, maka pasti  akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang telah mereka kerjakan. " (An-Nahl: 97)


Dari ayat diatas, dapat kita ketahui bahwa tidak ada yang membedakan kita dengan laki-laki dalam hal mengerjakan amalan shalih. Begitupun dalam amalan shalih jama'i, tentu kita memiliki peran, porsi dan kewajiban yang sama besarnya dengan laki-laki. Lalu apa yang membedakannya? 


Hal-hal yang membedakannya tersebut terletak dalam karakteristik dari laki-laki dan perempuan itu sendiri. Allah mengaruniakan kita dengan beberapa sifat  yang lebih dominan dari laki-laki, begitupun sebaliknya. Jika diibaratkan laki-laki adalah sebagai leader, maka perempuan adalah sebagai manajer.  Kalau kita ibaratkan menejer itu sendiri punya fungsi-fungsi manajemen, yaitu merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengontrol dengan baik


Yuk kita belajar dari ibunda kita, ibunda terbaik sepanjang masa Siti Khadijah ra. Beliau dengan keshalihannya, ketangguhannya, kegigihannya, kecerdasannya, kedermawanannya, dan pengorbanannya, senantiasa merencanakan, mengorganisasi, memimpin dan mengontrol dengan baik dakwah bersama Rasulullah kala itu. Suatu ketika Siti Khadijah sedang menanak nasi, kemudian tanpa sadar beliau menangis. Rasulullah yang kala itu melihatnya, menghampirinya dan bertaya gerangan apa yang membuat beliau menangis. Melihat apa yang sedang dilakukan Siti Khadijah, Rasulullah meminta maaf kepadanya, karena tak ada lagi yang mereka miliki kecuali segenggam beras yang sedang ditanak saat itu. Namun, bukan... bukan hal itu yang membuat ibunda menjadi mendung, kesedihannya tersebut karena tak ada lagi harta yang dapat beliau berikan untuk dakwah ini. 


Atau kisah2 shabiyah lain, yang tak pernah gentar menghadapi musuh langsung dalam medan perang. Zainab Al Ghazali seorang ibu tidak berdosa harus menjadi santapan anjing lapar di penjara sempit dan berbau. 

Berhari-hari, berbulan-bulan bahkan sampai bertahun tahun ia tinggal dalam sel penyiksaan itu. Padahal ia hanya seorang perempuan biasa yang setiap hari menyampaikan ceramah dari satu rumah ke rumah yang lain, dari satu majlis ke majlis yang lain.

Kita akhawatfillah belum sampai berhabis-habisan menginfakkan harta kita, belum sampai diminta menyerahkan nyawa kita. 

Maka Tetaplah di sini, biar mereka faham mengapa kita begitu mencintai dakwah ini. Tegarlah di sini sampai akhirnya Allah memanggil kita dengan keridhaannya...

Dan optimalkan peran kita sebagai manajer muslimah dalam amal jama'i yaitu untuk senantiasa  berbuat, berbuat, dan berbuat sesuai dengan karakter kita. 
"Lakukan segala apa yang mampu kalian amalkan. Sesungguhnya Allah tidak jemu sampai kalian sendiri merasa jemu," (HR. Bukhari )

Wallahu'alam


#Untuk100PejuangQuran

#CintaiYangDekat
#UjianSehatSehatUjian





Sabtu, 16 Maret 2014
diujung hari 23.42

1 comment:

  1. How to get to Wynn Resort in Las Vegas (NV)? - DRMCD
    Directions to Wynn Resort (NV). 구리 출장샵 The following transit lines have 김제 출장안마 routes that pass near 밀양 출장안마 Wynn and Encore. 부천 출장안마 West Flamingo 천안 출장안마 Way. West Flamingo Way. West Flamingo Way. West Flamingo Way. West

    ReplyDelete